Macam - Macam Sistem Oprasi Kelebihan dan Kekurangannya


Sore Sob,,,
Sore ini saya akan posting tentang perbedaan Windows , Linux dan Mac, Open Solaris dan Free BSD kalau saya sendiri pernah pakai Windows dan Linux untuk Mac belum pernah nyoba karna hardware kurang mendukung heheheheheh,,,,, tanpa basa-basi kita mulai,,,,


WINDOWS

Microsoft Windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak digunakan
oleh user didunia. Awal mula munculnya Windows yaitu dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis oleh TIM Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan pada tahun 1981 diganti nama menjadi MS-DOS. Dan sekarang perkembangan windows mengalami perubahan yang signifikan dari awal mula munculnya windows. Adapun keunggulan dan kelemahannya adalah sebagai berikut:
a. Kelebihan
  • Sistem operasi yang user-friendly. mayoritas penguna komputer di dunia.
  • Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.
  • Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap semua objek tertentu.
  • Mendukung sistem berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga ISO9660.
  • dukungan hardware yg compatible
  • grafis yang bagus sehingga banyak di pakai untuk para gamer dan dipilih oleh pengembang gamer
b. Kelemahan
  • Mudah sekali tertular virus. karena banyak virus ber ext *.exe,  *.bat dll. meskipun banyak aplikasi antivirus tapi lebih banyak
  • banyak mallware dan spyware.
  • Harga lisensi terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau oleh user secara keseluruhan.
  • Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar yang rendah.
B. LINUX



Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.
Linux mempunyai mempunyai pendistribusian yang berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh Linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi sistem operasi yang berbasis Linux yang sering disebut distro Linux. Ada beberapa distro Linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya. Adapun keunggulan dan kelebihan lainnya adalah sebagai berikut :
a. Kelebihan
  • Sistem operasi yang tahan tertular virus.
  • Linux sangat stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman.
  • Linux sangat baik digunakan untuk jaringan.
  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Linux adalah sistem operasi yang murni multiuser dan multitasking.
  • sekarang di design online dan banyak aplikasi desktop sosial network
  • update yang cepat karena banyak miror dari local dan luar.
b. Kelemahan
  • Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di Linux.
  • Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
C. MAC OS



Mac OS adalah OS yang di keluarkan oleh Apple Inc untuk sistem komputer Machintos. Mac OS di populerkan oleh Graphical User Interface nya yang interaktif dan menarik. Tidak seperti Linux, Mac OS bukanlah open source dan hanya bisa berjalan pada komputer berarsitektur Apple. Mac OS di bagi dalam dua kategori, yang pertama adalah Mac OS klasik Sistem yang dikeluarkan Apple pada tahun 1984 sampai versi Mac Os 9. Dan Mac OS X yang menjadi versi yang terbaru. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki system operasi Mac OS ini adalah sebagai berikut :
a. Kelebihan
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik/multimedia.
  • Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented.
  • Mempunyai program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tetapi juga di Internet.
  • High Performance khususnya untuk MAC OS X yang dapat untuk melakukan semua hal dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan baik.
b. Kelemahan
  • Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows.
  • Harganya masih terlalu mahal.
  • Seakan hanya ditujukan untuk desainer grafis.
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game
 D. SOLARIS

Oracle Solaris, sebelumnya dikenal sebagai Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. Sun Microsystem menggantikan Sun OS sebelumnya yang telah ada pada tahun 1993. Setelah proses akuisisi Sun oleh Oracle pada bulan januari 2010, Solaris menjadi lebih dikenal sebagai Oracle Solaris. Sistem operasi Solaris dikenal secara luas karena skalabilitas yang dimilikinya, utamanya pada sistem komputer berbasis SPARC, dan sejumlah fitur-fitur inovatif yang dibawanya seperti DTrace, ZFS (Zettabyte File System), dan Time Slider. Sistem operasi ini dapat dijalankan di atas prosesor x86 baik 32bit atau 64bit (berbasis instruksi Amd64), serta prosesor SPARC baik yang diproduksi oleh Sun ataupun Fujitsu. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang kompatibel dan memenuhi spesifikasi Single Unix Specification.
Solaris dalam sejarahnya dikenal sebagai perangkat lunak yang dikembangkan berbasis kode sumber tertutup, kemudian pada bulan Juni 2005 Sun Microsystem merilis sebagian besar basis kode di bawah lisensi CDDL dan mendirikan proyek sumber terbuka OpenSolaris. Melalui OpenSolaris Sun ingin membuat sebuah komunitas pengembang dan pengguna atas sistem operasi tersebut. Setelah Oracle melakukan akuisisi Sun Microsystem pada bulan Januari 2010, Oracle memutuskan untuk menghentikan distribusi OpenSolaris dan model pengembangannya. Atas keputusan oracle tersebut, komunitas OpenSolaris kemudian menanggapinya dengan membuat turunan distribusi OpenSolaris melalui proyek OpenIndiana yang merupakan bagian dari yayasan Illumos. Namun meski demikian, di mulai dari rilis Solaris 11, pembaruan atas kode-kode sumber Solaris akan tetap didistribusikan oleh Oracle dibawah lisensi CCDL setelah versi penuh biner dirilis. Oracle juga akan memulai program mitra teknologi seperti yang telah dilakukan pada produk-produk oracle lainnya dengan nama Oracle Technology Network (OTN) yang memberikan akses serta izin atas kode sumber solaris yang tengah dikembangkan kepada para mitra bisnis.

a. Kelebihan :
  1. Free redistribution, setiap user bisa membeli atau memberikan secara bebas software tersebut oleh dirinya sendiri atau sebagai bagian dari kumpulan distributor.
  2. Derived works, setiap orang bisa mengubah kode dan mendistribusikan kembali untuk umum.
  3. No discrimination, kode disediakan untuk semua orang agar bisa dikembangkan.
  4. ZFS adalah Fasilitas Restore Mirip seperti feature Restore di sistem operasi Windows.
  5. Banyak tool observasi dan debugging, misal seperti tool monitoring system, modular debugger (MDB), dynamic tracing (D-Trace).
  6. Memiliki beberapa bentuk virtulasasi, selain virtualisasi pada tingkat system operasi seperti virtualisai pada Solaris Zone, OpenSolaris juga mendukung virtualisasi untuk Xvm hypervisor, Logical Domains (LDoms), virtualbox dan bisa juga jalan pada VMware dan beberapa framework virtualisasi yang lainnya.
  7. Mempunyai tingkat skalabilitas yang tinggi. OpenSolaris dapat berjalan pada single prosesor maupun multiprosesor dengan ratusan CPU dan RAM dengan ukuran terabyte.
  8. Integrasi AMP stack (Apache, MySQL, PHP) untuk menjalankan web server.
  9. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client, pembangunan Java.
  10. Mempunyai sistem operasi Unix versi "hampir" percuma. Tapi tidak ada suatu sistem operasi yang betul betul sempurna.                        
b. Kekurangan :
  1. Harga sistem operasi komersil yang mahal (versi berbayar).
  2. Kepantasan inovasi Linux lama kelamaan memberi kesan kepada sistem Unix komersil.
  3. Sistem operasi Unix versi "hampir" percuma tidak sebaik sistem operasi Unix komersil.
  4. Driver hardware yang kurang baik pada versi "hampir" percuma.
  5. Sedikit perizinan untuk pejabat.
E. FREE BSD



FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite. FreeBSD berjalan di atas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), amd64 (Opteron, Athlon64, dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc [2]. FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.
a. Kelebihan :

  1. Bersifat opensource (bisa di download langsung dr www.freebsd.org).
  2. Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download, dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah.
  3. Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
  4. Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java.,FreeBSD dpt berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sbg server NFS,Termasuk s. operasi yg hemat karena fersi gratisnya.
b. Kekurangan :
  1. Free BSD tidak dpt digunakan pada mikro karnal lam PC IBM.
  2. Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.
  3. Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari bug/kelemahan program.
  4. Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.

0 Response to "Macam - Macam Sistem Oprasi Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar