Bank Mandiri Dibobol Intel Angkat Bicara

Kasus pembobolan dana di Bank Mandiri KCP Jakarta Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menimbulkan kekhawatiran di kalangan pemilik rekening bank. Salah satu perusahaan teknologi kenamaan, Intel, angkat bicara soal keamanan ATM ini.

Pasalnya, Intel juga menyediakan keamanan pada mesin ATM. Teknologi yang dinamai v-Pro itu tertanam dalam mesin ATM dan mampu bekerja dengan berupa kombinasi software yang terdapat di
dalam mesin ATM.

"Tapi sejauh mana keamanan pada mesin ATM memang banyak faktor," kata Harry K Nugraha, Channel Sales Director Intel Indonesia saat ditemui VIVAnews dalam Intel Mobility Roadshow di Gedung Intiland, Sudirman Jakarta, Selasa 13 Mei 2014.

Ia mengakui, keamanan yang dipasok Intel memang tak bisa menjamin mesin penyimpan uang akan bebas pembobolan 100 persen. Tapi ia yakin perbankan membutuhkan teknologi keamanan itu/ Dia menambahkan keamanan yang diadopsi oleh Intel yaitu keamanan pada tingkat client sampai cloud.

Sementara itu, Channel Platform Manager Intel Indonesia David Tjahjadi menambahkan, teknologi v-Pro merupakan keamanan untuk segmen enterprise. "ATM itu kan dasarnya seperti komputer personal (PC), tapi ini dikendalikan secara remote oleh masing-masing kantor pusat perbankan," kata dia.

David mengatakan teknologi keamanan Intel itu sifatnya hanya melindungi perangkat mesin ATM dari kerusakan yang dilakukan oleh orang atau peristiwa lain. "Jadi kami tahu bahwa mesin ATM ini tengah rusak dan tak berfungsi," kata dia.

Untuk keamanan transaksi, kata David, itu merupakan wilayah keamanan berupa peranti lunak, yang biasanya disediakan oleh perbankan, dengan menggandeng vendor keamanan tertentu.

Intel mengakui teknologi keamanan itu telah diadopsi oleh berbagai perbankan. Namun David enggan menyebutkan secara detail jenis perbankan tersebut.

0 Response to "Bank Mandiri Dibobol Intel Angkat Bicara"

Posting Komentar